Manfaat Biji Labu

Biji labu atau juga disebut Pepitas memiliki bentuk oval dan bewarna hijau yang dibungku dengan cangkang putih kekuning-kuningan. Mengonsumsi kuaci labu dapat selain sebagai snack yang lezat juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Selain itu, biji labu sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi gangguan pada ginjal, saluran kemih dan prostat.

Hal ini diperkuat dengan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh biji labu ini, Dalam 100 gram biji labu terdapat kandungan nutrisi seperti :

  • Kalori 446
  • Protein 18,5
  • Lemak 19,4
  • Karbohidrat 53,75
  • Serat Diet 73%
  • Magnesium 65%
  • Zinc 68%

Berikut ini ulasan mengenai Manfaat Biji Labu untuk Kesehatan, simak penjelasannya berikut ini:

Manfaat Biji Labu bagi Kesehatan

1. Kaya Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan karena radikal bebas dan juga mencegah terjadinya peradangan pada tubuh Anda. Mengingatnya banyaknya penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan, mengonsumsi biji labu dapat menjadi tips terbaik untuk menghindari beragam penyakit.

Biji labu memiliki beragam kandungan antioksidan seperti Vitamin E, Komponen Phenolic dan Zinc yang saling melengkapi satu sama lain. Sedangkan, biji labu yang dipanggang memiliki vitamin E yang unik karena mengandung Alpha-Tocopherol, Gamma-Tocopherol, Delta-Tocopherol, Alpha-Tocomonoenol dan Gamma-Tocomonoenol yang sangat baik untuk melindungi tubuh Anda dari serangan radikal bebas serta virus dan bakteri.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji labu memiliki kandungan L-Arginine yang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah dan pembentuk plak pada pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah, hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kuaci labu juga memiliki kandungan Nitric Oxide yang berperan sebagai Vasodilator yang dapat melebarkan pembuluh darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah Anda.

Selain itu, biji labu memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, seperti yang Anda ketahui baik tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang tinggi merupakan ancaman bagi kesehatan jantung Anda.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Rutin mengonsumsi biji labu sangat baik untuk penderita diabetes, kandungan komponen seperti Trigonelline, Nicotinic Acid dan D-Chiro-Inositol dalam panganan ini dapat berperan dalam mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, baik Anda penderita diabetes ataupun berada pada fase Pre-Diabetes sebaiknya mengonsumsi biji labu dalam menu harian Anda.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Biji labu memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6, keduanya merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh mengingat tubuh tidak dapat memproduksi keduanya secara alami. Asam Lemak Omega-6 dibutuhkan untuk mengatasi kulit kering dan kulit rusak karena terbakar matahari, selain itu juga dapat menunda timbulnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan di wajah Anda.

5. Mencegah Rambut Rontok

Kebotakan dialami tujuh dari sepuluh pria yang berusia diatas 50 tahun, hal ini tentu saja mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Dalam sebuah studi yang melibatkan 76 pria yang menderita masalah rambut rontok, dengan memberikan suplemen minyak biji labu yang memiliki dosis 400 mg selama enam bulan. Hasil penelitian itu menunjukan bahwa suplemen minyak biji labu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut hingga 30 persen daripada mereka yang tidak.

Hal ini dimungkinkan karena efek dari Phystosterol yang dapat menjaga nutrisi pada folikel rambut sehingga menjaganya dari kerontokan dan menyuburkan rambut Anda.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengonsumsi biji labu juga dapat mengatasi gangguan tidur atau insomnia, kandungan Tryptophan, Zinc dan Magnesium sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, ketiga memiliki fungsi unik seperti:

Tryptophan, mengonsumsi 1 gr suplemen tryptophan dapat Anda tidur lebih cepat dan lebih baik, untuk mendapatkan tryptophan sejumlah ini. Anda harus mengonsumsi 200 gram biji labu setiap harinya.

Zinc, setiap satu biji labu terdiri dari 10 persen Zinc, Zinc dapat membantu konversi Tryptophan menjadi Serotonin dan Melatonin, keduanya merupakan hormon yang menstimulasi seseorang untuk tidur.

Magnesium, kandungan magnesium dalam biji labu berperan untuk signal kepada sel-sel tubuh Anda mengenai siklus tidur Anda. Sehingga hal ini sangat baik untuk mereka yang memiliki masalah insomnia.

7. Meredakan Nyeri Sendi

Suplemen minyak biji labu dapat meredakan peradangan pada sendi Anda, selain itu kandungan beragam antioksidan dalam biji labu juga dapat meredakan nyeri sendi.

8. Meningkatkan Kualitas Sperma

Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi penyakit autoimun, umumnya mengandung Azothiopine. Kandungan senyawa kimia ini dapat berdampak pada menurunnya produksi sperma dan menyebabkan ketidaknormalan sel sperma.

Dalam studi yang meneliti kandungan minyak esensial biji labu menemukan bahwa kandungan senyawa aktif dan minyak esensial dalam biji labu dapat mengatasi dampak negatif dari Azothiopine dan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

Selain itu, kandungan Zinc yang dimiliki biji ini juga dapat meningkat kualitas sperma dan menghindarkan pria dari masalah kemandulan. Jadi bila Anda sedang dalam program hamil ada baiknya masukan biji labu dalam menu harian Anda.

9. Menjaga Kesehatan Saluran Kemih

Dalam sebuah studi menemukan bahwa minyak esensial dalam biji labu dapat menghambat Enzim 5-alpha-reducates yang dapat mengkonversi hormon testosteron menjadi timbulnya jaringan otot pada otot prostate. Selain itu manfaat minyak biji labu pada kesehatan saluran kemih adalah :

Mengontrol Saluran Kemih, 10 gram ekstrak minyak biji labu dapat meningkatkan fungsi saluran kemih pada mereka yang memiliki masalah saluran kemih overaktif, yakni ketika Anda tidak dapat mengontrol keluarnya air kencing.

Mengobati Benign Prostatic Hyperplasi (BPH), BPH adalah kondisi dimana seseorang kesulitan buang air kecil karena pembesaran kelenjar prostat. Pada sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 320 gram dosis minyak biji labu memiliki kesehatan prostat yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

10. Mencegah Kanker

Ekstrak biji labu efektif untuk menghambat pertumbuhan beragam jenis sel kanker seperit kanker prostate, kanker payudara, kanker perut dan kanker usus.

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa biji labu dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita berusia lanjut. Dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa kandungan senyawa Lignans dalam biji labu juga efektif dalam pengobatan kanker payudara.

11. Mencegah Penyakit yang Disebabkan Parasit

Biji labu memiliki kandungan Ekstrak Cucurbitine, Asam Lemak, Berberine dan Palmatine yang efektif dalam mencegah perkembangan cacing pada usus Anda. Kandungan senyawa diatas efektif untuk mencegah telur cacing menetas, membunuh larva-larva pada susu dan membunuh cacing-cacing yang ada pada saluran pencernaan Anda.

Jadi tidak hanya mencegah timbulnya parasit di usus Anda, ekstrak biji labu juga dapat melumpuhkan parasit tersebut. Ekstrak tersebut akan menyapu parasit dari dinding perut Anda dan membantu mengluarkannya dari tubuh Anda.

12. Memperlambat Gejala Menopause

Selain manfaatnya untuk mencegah kanker payudara pada wanita lanjut usia. Minyak biji labu juga dapat berperan dalam menghambat gejala menopause pada gejala menopause seperti sakit kepala, gerah dan nyeri sendi. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

13. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam biji labu dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, selain itu kandungan serat juga dapat menjaga metabolisme tubuh Anda tetap lancar. Kedua hal ini tentu saja baik bagi Anda yang sedang dalam program diet.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Biji Labu untuk kesehatan tubuh Anda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS