Cara Menyembuhkan Luka

Luka adalah kondisi dimana terjadi kerusakan atau hilangnya sebagian jaringan tubuh yang diakibatkan oleh trauma benda tajam, zat kimia, terbakar, gigitan hewan, kecelakaan dan banyak faktor lainnya.

Memiliki luka pada permukaan kulit tentu sangat mengganggu aktifitas, selain rasa nyeri yang ditimbulkan juga mengganggu penampilan Anda karena akan meninggalkan bekas yang bisa jadi permanen pada permukaan kulit Anda.

Jika Anda memiliki luka, pastikan Anda menjaga agar tidak terjadi infeksi yang dapat menghambat proses penyembuhan luka. Untuk mencegah infeksi pada luka, umumnya Anda akan menggunakan antiseptik yang banyak dijual di Apotek-apotek atau toko obat tradisional.

Namun, tahukah Anda bila terdapat bahan-bahan alami untuk menyembuhkan luka dan menghindarkannya dari infeksi? dalam artikel berikut ini kami akan mengulas mengenai cara menyembuhkan luka dengan bahan-bahan alami. Simak ulasannya dibawah ini.

Cara Menyembuhkan Luka dengan Bahan Alami

1. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan antiseptik dan antiobiotik alami yang berperan dalam melindungi luka dari bakteri. Dalam studi yang dipublis pada Journal Molecular and Celllular Biochemistry menyebutkan, kandungan Kurkumin pada kunyit dapat mempercepat penyembuhan luka dengan memodulasi kolagen.

Mengaplikasikan kunyit yang telah dihaluskan pada luka juga dapat menghentikan pendarahan, selain itu mengonsumsi air rebusan kunyit dapat membantu proses penyembuhan luka Anda.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan anti mikroba dan antiobiotik alami yang dapat menghentikan pendarahan, mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan luka. Bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus dan bakteri.

Selain dikonsumsi secara langsung, bawang putih yang telah dihaluskan juga dapat diaplikasikan pada area sekitar luka untuk mencegah pertumbuhan bakteri di area tersebut.

3. Madu

Madu sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegahnya dari infeksi. Cukup aplikasikan madu pada area sekitar luka maka dapat membunuh bakteri dengan mencegah bakteri mendapatkan asupan makanan. Madu telah lama dikenal memiliki kandungan anti-bakteri, anti jamur dan anti peradangan yang sangat baik untuk perawatan luka.

4. Lidah Buaya

Cara menyembuhkan luka dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan Analgesik, Anti-Peradangan dan Phytochemical yang sangat baik untuk proses penyembuhan luka.

Kandungan Phytochemical dalam tumbuhan ini sangat baik untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan ditubuh Anda. Cara cukup mengupas kulit lidah buaya untuk mendapatkan gel di tengah dan aplikasikan pada area sekitar luka, biarkan hingga kering. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat dan handuk bersih.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat meredakan rasa nyeri dan menghindarkan luka Anda terinfeksi dengan kandungan anti-peradangan dan anti-bakteri yang dimilikinya.

Aplikasikan kulit kelapa pada area sekitar luka dengan menggunakan tissue bersih, ulangi dua-tiga kali sehari untuk melindungi luka dari bakteri.

6. Bawang Merah

Kandungan senyawa Alisin dalam bawang merah berperan sebagai Anti-Mikroba yang dapat melindungi luka dari infeksi bakteri. Untuk mengolah bawang merah sebagai obat luka, cukup haluskan bawang merah dengan madu untuk dijadikan pasta. Kemudian aplikasikan pada kulit yang terluka.

7. Cuka Apel

Cuka apel juga memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang sangat baik untuk membersihkan luka dan mencegah terjadinya infeksi. Manfaat cuka apel selain membunuh bakteri di sekitar luka juga mempercepat proes penyembuhan dengan mempercepat pengeringan luka.

Demikian pembahasan mengenai Cara Menyembuhkan Luka dengan Bahan Alami yang dapat Anda aplikasikan ketika mengalami luka pada area kulit Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menangani luka pada diri dan keluarga Anda.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS