Cara Membuat Sangkar Burung

Saat anda memutuskan untuk memelihara atau beternak burung, tentu saja yang harus anda pikirkan adalah sangkar untuk burungnya.

Banyak penjual sangkar burung berbagai ukuran dan bahan tetapi umumnya dijual dengan harga cukup mahal. Anda bisa membuatnya sendiri sesuai dengan desain keinginan anda.

Berikut ini adalah cara membuat sangkar burung sederhana dari kayu.

Sebelum membuat sangkar burung, pastikan anda telah mempersiapkan bahan-bahan yang ada di bawah ini. Bahannya cukup sederhana dan mudah didapatkan di toko material.

Bahan:

  1. Kayu pipih
  2. Bambu yang sudah diamplas
  3. Lem kayu dan lem kertas
  4. Amplas
  5. Triplek
  6. Cat kayu

Alat:

  1. Gergaji
  2. Meteran
  3. Pensil kayu’
  4. Penggaris
  5. Paku
  6. Palu
  7. Pisau
  8. Mesin bor

Cara Membuat Sangkar Burung Kayu

Setelah alat dan bahan siap, maka ikuti cara membuat sangkar burung di bawah ini:

  1. Haluskan kayu dengan amplas. Jika anda memiliki mesin pasah, sila gunakan. Setelah halus, potong-potong kayunya sesuai selera dan kebutuhan anda.
  2. Jika anda ingin anda motif di bagian atas sangkar, sebaiknya buatlah di atas kayu dengan menggunakan gergaji.
  3. Agar bisa dipasangkan dengan jeruji sangar, lubangilah kayu. Untuk melubangi, anda bisa menggunakan bor.
  4. Rangkaikan kerangka kayu. Anda bisa memakunya, pun memasangnya dengan menggunakan lem kayu. Gunakan keduanya agar kerangkanya kokoh.
  5. Amplaslah keranga sangkar agar halus. Jika ingin berwarna, maka diberi cat kayu yang diencerkan menggunakan tiner, sesuai dengan selera anda.
  6. Setelah kerangka jadi, maka saatnya membuat jeruji yang bahannya berasal dari bambu. Ukur bambu sesuai dengan panjang kerangka sangkarnya.
  7. Bambu kemudian dibelah-belah, setiap ujungnya ditajamkan.
  8. Pasang jeruji pada kerangka sangkar. Jika anda ingin mewarnainya, anda bisa menggunakan cat kayu dan tiner.
  9. Selanjutnya adalah membuat alas sangkar burung. Alas sangkar burung terbuat dari triplek. Ukur triplek sesuai dengan bentuk sangkar. Jika sudanh, pasang di bagian bawahnya. Pastikan triplek sudah halus atau sudah diamplas.
  10. Triplek alas tidak dilem kayu atau ditempelkan pada sangkar, tetapi harus bisa dibuka dan dimasukkan kembali agar memudahkan anda untuk melakukan pembersihan.

Sangkar kayu memang rentan rayap dan lapuk jika anda tidak memilih kualitas kayu yang bagus. Sehingga, sebaiknya anda memilih kualitas kayu yang jempolan seperti jati atau mahoni. Tapi jika anda tidak bisa merogoh kocek dalam, anda bisa merendamnya ke dalam cairan pengawet seperti boraks. Rendam selama satu minggu, kemudian keringkan di bawah sinar matahari.

Bagi anda yang ingin berkreasi dan mendesain sangkar burung untuk peliharaan anda, tentunya cara membuat sangkar burung di atas bukanlah hal yang sulit. Tapi jika anda terlalu malas, sebaiknya anda merogoh kocek agak dalam. Semakin bagus kadang burung, maka semakin mahal juga harga jualnya.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS